Tuesday, March 31, 2009

Masukin aja 3 caleg PKS ke penjara, kagak usah dibela

Kasus Pelanggaran UU Pemilu
Polisi Tetapkan 3 Caleg PKS Sebagai Tersangka
Chaidir Anwar Tanjung - detikPemilu



Pekanbaru - Tiga orang Caleg PKS di Riau yang masih menjadi anggota dewan ditetapkan Poltabes Pekanbaru sebagai tersangka pelanggaran pemilu. Namun ketiga caleg tersebut malah mengancam akan memprapradilankan polisi.

"Polisi melayangkan surat panggilan sebagai tersangka terhadap tiga anggota dewan yang juga caleg PKS. Namun polisi belum memenuhi persyaratan yang diatur undang-undang, yang menyebut untuk memeriksa anggota dewan harus ada izin dari Mendagri. Kalau polisi tetap memaksakan, kita akan memprapradilankan," kata Kapitra Ampera, kuasa hukum ketiga caleg PKS tersebut, saat dihubungi detikcom, Senin (30/03/2009) di Pekanbaru.

Kapitra menjelaskan, ketiga kliennya itu adalah, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Nurdin Ketua Fraksi PKS DPRD Riau, Hasyim Aliwa anggota DPRD Riau. Ketiganya dianggap Panwaslu Pekanbaru telah melanggar UU Pemilu tahun 2008 karena dianggap saat kampanye menggunakan mobil dinas.

Menurut Kapaitra, tidak ada salahnya menggunakan mobil dinas itu. Mobil yang dipakai anggota dewan itu melekat hak pakainya seorang angggota dewab. Dan tugas dewan mengawasi jalannya pemerintahan, sehingga tidak ada salahnya menggunakan mobil dinas tersebut.

Kalaupun akan melakukan pemeriksaan, lanjut Kapitra, pihak kepolisian harus memenuhi sejumlah persyaratan. Misalnnya untuk anggota DPRD Pekanbaru harus seizin Mendagri melalui Gubernur Riau, sedangkan untuk anggota DPRD Provinsi Riau harus seizin Presiden melalui Mendagri.

"Itu syarat muntlak untuk memeriksa seorang anggota dewan sekalipun tuduhannya soal pelanggaran pemilu. Sebab, UU yang mengatur pelanggaran pemilu tidak bersifat leks specialis," kata Kapitra.

Kasus ini bermula, saat kampanye perdana di Riau. Waktu itu PKS salah satu partai pertama yang melakukan kampanye terbuka di lapangan Politekhnik Caltex di Pekanbaru. Saat itu ketiga anggota dewan PKS menggunakan mobil dinas.

Penggunaan mobil dinas ini lantas ditindak lanjuti Panwaslu Pekanbaru. Dari sana, Panwas melaporkan kasus ini ke penegak hukum terpadu (gakumdu). Polisipun akhirnya menindaklanjuti dan menetapkan tiga caleg PKS itu sebagai tersangka.
( cha / djo )

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tuh, salah satu contoh 3 orang PKS yang bodoh jadi wakil rakyat...

kagak baca aturan apa ?

29 comments:

  1. emang boleh kampanye pakai kendaraan dinas (milik negara ) ?

    ReplyDelete
  2. yah, kalau emang bersalah terus malah dibela, bisa membuat imej partai jadi buruk

    jadi setuju bang utara, jangan dibela!!!

    ReplyDelete
  3. Menegakkan hukum bukan berarti membenci.
    Kalau terbukti melanggar, tindak tegas saja.
    Karena ketegasan adalah bukti rasa cinta itu.

    ReplyDelete
  4. yang kampungan itu kamu, itu kan kenyataan kalau 3 caleg itu bodoh, mau jadi caleg kagak baca aturan main, terus selama ini kerjanya ngapain aja ?

    dan kalau kamu jadi caleg, gue yakin juga melakukan hal yang sama...

    ReplyDelete
  5. mas utara 19, lagi-lagi anda senang yah memprovokasi? Ke laut aja, mas.

    ReplyDelete
  6. Hmm,mungkin Mas Utara sedang melatih mental pembaca semua.

    ReplyDelete
  7. yang senang baca ini, pasti orang2 liberal...

    ReplyDelete
  8. siapa yang provokasi ?

    itu kenyataan, makanya lain kali hati hati untuk yang lain, karena kalian itu rentan serangan,

    tenang aja, entar deh, aku buat tulisan tentnag penilaianku terhadap PKS, gue usahin, gue nulis kalau ada mood aja :D

    ReplyDelete
  9. ada benarnya juga, kalian harus terbiasa dengan serangan serangan buruk, biar terlatih mengatasinya, kalau yang kayak gini, kritikan seperti ini masalah sepele, karena di luar sana, tekanannya lebih berat lagi, bahkan sampai ke tingkat fisik...

    ReplyDelete
  10. hahaha, bener temen2....bang utara ini jangan terlalu diladenin pake emosi, menurut ane mah dia itu gimana ya? susah ngasih perumpamaannya...cuma intinya kita harus belajar menjaga imej partai dan dakwah dgn perilaku keseharian kita, di halmahera kemarin kalo gak salah massa kampanye pks dipukulin massa partai lain kan?

    PISS ah...

    ReplyDelete
  11. ya, itu salah satu contohnya... dan hal seperti itu sering juga aku dengar...

    ReplyDelete
  12. hati2 menggunakan kata2 kasar yang terlalu fulgar, bukan apa2 karena jika ada yang tidak suka bisa meninggalkan luka dihati yang sulit diobati.

    ya kita semuanya memang harus belajar untuk berlapang dada (legowo) atas tanggapan siapa saja

    ReplyDelete
  13. saya pikir, keberadaan provokator macam ini diperlukan juga untuk "menghangatkan suasana". asal diberi feedback yg, kalau bisa sih, sekalian bisa meng-KO-nya dalam satu ronde saja cukup. tidak usah ikut2an terbawa esmosi. kecuali ... hehe, kecuali kalau dah melewati titik kritis limit kesabaran kali. :)

    ReplyDelete
  14. ha..ha..ha..

    ayo kita bertanding, siapa yang bisa mengalahkan aku dalam satu ronde, aku akan mengakui ketangguhannya...

    tadi, aku baru lihat berita di metroTV, anggota DPRD di sulawesi tenggara dan juga caleg dari PKS di tangkep kejaksaan karena kasus korupsi, untuk aja kasus korupsi cuma 50 juta, coba 5 milyar, wah, bisa kena imbasnya tuh ke PKS....

    makanya, kalau mau jadi orang kaya, jangan jadi caleg, kalau kagak bisnis, ya miara tuyul...

    satu hal lagi...
    kalian bisa nyumbang bermilyar milyar, kenapa kagak mikir buat pabrik softex aja, untungnya gede lo..

    1 softex itu sekitar Rp. 5000 ambillah untung bersih 1 softex itu Rp.1000
    Nah, Rp.1000 x 100.000.000 perempuan indonesia, ya hitung aja sendiri,
    itu baru sebulan ya, karena perempuan haid sebulan sekali, kalikan 12 bulan, luar biasa keuntungannya....

    Nah, kalau PKS kumpulin duit terus buat pabrik softex, terus PKS kan jaringannya udah dimana mana kagak saja di indonesia tetapi di luar negeri, pasti deh, keuntungannya cukup untuk menggaji kader kader PKS....

    kan keren kalau di pasaran ada softex made in PKS...
    PKS = Pabrik Kebidang Softex..

    gimana, tidak tertarik buat pabrik softex made PKS ? :D

    ReplyDelete
  15. ok, kayaknya emang ada penyusup di sini ya? :) silahkan, ada yg mo lbh dulu meng-KO-nya? saya mo QL dulu.

    ReplyDelete
  16. ha..ha..ha..
    gitu deh, kalau udah merasa terpojok, pasti alasannya aku dibilang penyusup...

    oke, satu orang udah KO...

    ada yang tertarik menggantikannya, aku masih kuat nih meladeni beberapa ronde, bahkan beberapa orang sekaligus..

    oh ya..
    masuk surga kagak harus sholat qiyamul lail kok.. :D

    menuntut ilmu tinggi tinggi untuk kebaikan umat seperti misalnya gimana caranya biar padi bisa panes 1 bulan sekali atau kerja keras agar dapat uang banyak, bantuin tuh muslim muslim yang jadi pengemis, gembel, pelacur atau TKW/TKI indonesia atau yang bodoh bodoh di daerah pedalaman dan terpencil... sama sama masuk surga kok dengan para ahli ibadah...

    bedanya...
    kalau ahli ibadah masuk surga sendirian atau dengan keluarganya sedangkan orang yang bekerja keras dan berilmu tinggi bermanfaat bagi masyarakat, masuk surganya ramai ramai dengan masyarakat yang dibantunya...

    ReplyDelete
  17. ,..utara itu,...punya kebiasaan ngetest mental orang,..mungkin maksudnya biar pada kuwat kali ya???,..suka ngelempar postingan "asah otak,..." dengan gayanya,....apa lagi ya? yo wis,...u/ lebih mengenal utara lebih baik coba sowan ke rumah mayanya,...lihat postingan2nya,..lihat komennya dan para tetamunya,....kalo reaksi saya pribadi sih,..kadang senyum, kadang garuk2 kepala yang sama sekali nggak gatal, trus ntar nyengir lagi,..eh kadang ya mendadak pusing,...(jadi eror hehe)

    ReplyDelete
  18. ,..utara itu,...punya kebiasaan ngetest mental orang,..mungkin maksudnya biar pada kuwat kali ya???,..suka ngelempar postingan "asah otak,..." dengan gayanya,....apa lagi ya? yo wis,...u/ lebih mengenal utara lebih baik coba sowan ke rumah mayanya,...lihat postingan2nya,..lihat komennya dan para tetamunya,....kalo reaksi saya pribadi sih,..kadang senyum, kadang garuk2 kepala yang sama sekali nggak gatal, trus ntar nyengir lagi,..eh kadang ya mendadak pusing,...(jadi eror hehe)

    ReplyDelete
  19. ,..utara itu,...punya kebiasaan ngetest mental orang,..mungkin maksudnya biar pada kuwat kali ya???,..suka ngelempar postingan "asah otak,..." dengan gayanya,....apa lagi ya? yo wis,...u/ lebih mengenal utara lebih baik coba sowan ke rumah mayanya,...lihat postingan2nya,..lihat komennya dan para tetamunya,....kalo reaksi saya pribadi sih,..kadang senyum, kadang garuk2 kepala yang sama sekali nggak gatal, trus ntar nyengir lagi,..eh kadang ya mendadak pusing,...(jadi eror hehe)

    ReplyDelete
  20. Hehe,di sinilah hasil mentoring dan tarbiyah lainnya sedang diuji. Boleh jadi Mas Utara ini ternyata Pak Tifatul...:D

    ReplyDelete
  21. Setuju, jadi ingat ulah Sayyid Quthb yang pernah menulis artikel di surat kabar, "manusia lebih baik tidak berpakaian, karena sejak lahir manusia telanjang." Lalu ikhwan-ikhwan protes. Namub Hasan Al Banna menyikapinya dengan bijak, lebih baik tidak perlu ditanggapi. Siapa yang menyangka bahwa penulisnya adalah seorang Sayyid Quthb.

    ReplyDelete
  22. :) setuju. memang lebih baik tidak perlu ditanggapi. ntar jg akan kecapaian sendiri.
    saya jd ingat prnyataan seorang ustadz pd suatu acara mabit dulu, "menghadapi org2 spt mereka lbh baik ambil sepatu dan pukul mulutnya dg sepatu itu."

    ReplyDelete
  23. Terima kasih atas perhatiannya, sudah posting. Insya Allah saya tetap CINTA PKS, walaupun anda tidak suka. Semoga Allah meridhoi langkah dan perjuangan Kader-kader PKS.
    Jangan LUPA CONTRENG No.8 Partai Keadilan Sejahtera Di TPS NO.8 Jl. Keadilan Sejahtera Rt 008/008 N0.8 ALLAHU AKBAR!!!

    ReplyDelete
  24. Dalam setiap perjuangan pasti ada onak, duri dan aral merintang, malah perjalanan yg lurus2 aja, kurang menantang. Sekarang kita sudah semakin terbuka kepada siapa saja, wajar jg ada yg suka, ada yg tak suka dan ada yg merasa aneh.Ke depan tantangan akan semakin "high" anggap aja setiap yg kita hadapi sekarang sbg latihan untuk menjadi semakin tangguh.Sesungguhnya aplikasi dari tarbiyah kita slama ini adalah bagaimana kita terjun langsung ke masyarakat. Dan ternyata banyak hal yg tidak sesuai dengan teori dan konsep. so....qt mesti dewasa dan bijak dlm bersikap, now lets enjoy a real world. sambil perkokoh diri, perkokoh barisan. Insya Allah harapan itu masih ada selagi kita bersama...

    Bagi seorang pejuang kebenaran sejati
    Tak ada kata gentar dan mundur kembali
    Truslah berjuang tuk gapai ridho Illahi

    Tetep jgn lupa ajak saudara, keluarga, tetangga n semuanya..
    tuk mencontreng no. 8..
    Mari kita sambut kemenangan..
    Allahu Akbar..8x

    ReplyDelete